ASKEP KISTA OVARIUM PDF

Asuhan Keperawatan dengan Kista OvariumPosted by Qittun on Saturday, June 21, 1 komentar This item was filled under Askep. Pathway Kista Ovarium. Uploaded by. happyvirus88 · Pathway Tumor Mammae. Uploaded by. Lily Permatasari · ASUHAN KEPERAWATAN PRE DAN POST. Pre Op Analisa Data Intervensi Dan Implementasi Kista Ovarium . Askep “ Kista Ovarium” Ners (Stikes Panakkukang Makassar) Page

Author: Tojamuro Sajas
Country: Yemen
Language: English (Spanish)
Genre: Technology
Published (Last): 18 July 2013
Pages: 317
PDF File Size: 14.5 Mb
ePub File Size: 6.80 Mb
ISBN: 760-6-23752-854-9
Downloads: 72222
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Mojinn

Askep Kista Ovarium Ovairum description. Kista Hepar Full description. Kista Ganglion Kista Ganglion. Kista Ovarium managemen kista ovariumFull description.

Kista Arachnoid arachnoid cyst. Pasien dapat melaporkan atau tidak melaporkan nyeri abdomen akut atau kronik kronik. Kkista gejala ala tentan tentang g ruptur rupturee kista kista mensti menstimul mulasi asi berbag berbagai ai kedaru kedarurat ratan an asoep akut, seperti apendisitis, atau kehamilan ektopik.

Pengobatan kista ovarium yang besar biasanya adalah melalui tindakan bedah. Penur Penuruna unan n teka tekanan nan intr intraa aabdo bdome men n yang yang diakibatkan oleh pengangkatan kista yang besar biasanya mengarah pada distensi abdome abdomen n yang yang berat. Kompli Komplikas kasii ini dapat dapat dicega dicegah h sampai sampai suatu suatu tingka tingkatt dengan dengan memberikan gurita abdomen yang ketat.

Dari uraian di kitsa, maka penulis ingin ovariuk lebih banyak bagaimana asuhan keperawatan yang diberikam pada penderita kistoma ovari. Tujuan Umum Diharapkan mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan kista ovari 3. Mampu menemukan masalah keperawatan pada klien dengan kista ovari c. Mampu merencanakan tindakan keperawatan pada klien dengan kista ovari d. Mampu melaksanakan tindakan keperawatan pada klien dengan kista ovari e.

Mampu mengevaluasi tindakan yang sudah dilakukan pada zskep dengan kista ovari f. Mampu mengidentifikasi factor-faktor pendukung, penghambat serta dapat mencari solusinya. Mampu mendokumentasikan semua kegiatan keperawatan dalam bentuk narasi. Kista adalah pembesaran suatu organ yang di dalam berisi cairan seperti balon yang berisi air. Pada wanita organ yang paling sering terjadi Kista adalah indung telur.

Tidak ada keterkaitan apakah indung telur kiri atau kanan. Pada kebanyakan kasus justru tak memerlukan operasi. Kista Fisiologis Kista yang bersifat fisiologis lazim terjadi dan itu normal normal saja. Kista yang bersifat fisiologis ini kistta oleh orang di usia reproduksi karena dia masih mengalami mengalami menstruasi menstruasi. Bila seseorang seseorang diperiksa diperiksa ada kista, kista, jangan jangan takut takut dulu, dulu, karena ovvarium mungki mungkin n kstany kstanyaa bersif bersifat at fisiol fisiologi ogis.

Biasanya kista fisiologis tidak menimbuklkan nyeri pada saat haid. Angka Angka kemati kematian an penyak penyakit it ini di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Pada yang patologis, pembesaran bisa terjadi relative cepat, yang kadang tidak disadari si penderita. Karena, kista tersebut tersebut sering sering muncul tanpa gejala seperti penyakit umumnya. Itu sebabnya diagnosa aalnya agak sulit dilakukan. Setelah di angkat pemeriksaan rutin tetap perlu dilakukan untuk mengetahui apakah kista itu akan muncul kembali atau tidak.

Ada lagi jenis kista abnormal pada ovarium.

Bersifat jinak jika bisa berupa spot dan benjolan yang tidak tidak menyeb menyebar. Meski Meski jinak jinak kista kista ini dapat dapat berubah berubah menjad menjadii ganas. Kista ganas yang mengarah ke kanker biasanya bersekat sekat dan dinding sel tebal dan tidak teratur. Tidak seperti kista fisiologis yang hanya berisi cairan, kista abnormal memperlihatkan campuran cairan dan jaringan solid dan dapat bersifat ganas. Kist Kistaa Fung Fungsi sion onal al.

  CO NIECO O ROZWOJU DZIECKA PAWE ZAWITKOWSKI PDF

Dan sangat jarang pada kedua indung telur. Kista bisa mengecil dalam waktu bilan. Kist Kistaa Der Dermoi moid.

Kista dapat terjadi pada kedua indung telur dan biasanya tanpa gejala. Kista Kista Cokela Cokelat.

ASKEP KISTA OVARIUM PDF DOWNLOAD

Edome Edometri trioma oma Terjadi karena lapisan didalam rahim yang biasanya terlepas sewaktu haid dan terlihat keluar dari kemaluan seperti darah ; tidak terletak dalam ragim tetapi melekat pada dinding luar indung telur.

Akibat peristiwa ini setiap kali haid, lapisan tersebut menghasilakan darah haid yang akan terus menerus tertimbun dan menjadi kista. Kista ini bisa 1 pada dua d ua indung telur. Kist Kistad aden enom oma. Berasal dari pembungkus indung telur yang tumbuh menjadi kista. Gejala yang timbul biasanya akibat penekanan pada bagian tubuh sekitar seperti VU sehingga dapat menyebabkan inkontinensia.

Berasal dari epitel germinativum. Gambaran klinis pada kasus ini tidak klasik. Selain teraba massa intraabdominal, dapat timbul asites.

Penatalaksanaan umumnya sama seperti Kistadenoma ovarii musinosum. Asal kista belum pasti. Menurut Meyer, kista ini berasal dari teratoma, pendap at lain mengemukakan kista ini berasal dari epitel germinatifum atau mempunyai asal yang sama dengan tumor Brener. Bentuk kista multilobuler, biasanya unilatelar dapat tumbuh menjadi sangat bersar. Penatalaksanaan dengan pengangkatan kista tanpa pungsi terlebih dahulu dengan atau tanpa salpingo ooforektomi tergantung besarnya kista. Gaya hidup tidak dak sehat hat.

Faktor Konsu Konsums msii mak makana anan n yang yang tin tinggi ggi lema lemak k dan dan kura kurang ng ser serat at Zat ta tambaha ahan pa pada ma makanan nan Kurang olah raga Mero Meroko kok k dan dan kons konsum umsi si alco alcoho holl Terp Terpap apar ar den denga ga pol polus usii dan dan agen agen inf infek eksi sius us Sering stress ge genetic.

Dalam tubuh kita terdapat gen gen yang berpotensi memicu kanker, yaitu yang disebut protoonkogen, karena suatu sebab tertentu, misalnya karena makanan yang bersifat karsinogenpolusi, atau terpapar zat kimia tertentu atau karena radiasi, protoonkogen ini dapat berubah menjadi onkogen, yaitu gen pemicu kanker. Gejala umumnya sangat berfariasi dan tidak spesifik.

Dapat terjadi peregangan atau penekanan daerah panggul yang menyebabkan nyeri spontan dan sakit diperut. Asites Penyebaran ke omentum lemak perut serta oran organ di dalam rongga perut usus dan hati Perut membuncit, kembung, mual, gangguan nafsu makan, Gangguan buang air besar dan kecil.

Sesak nafas asksp penumpukan cairan di rongga dada. Bila kistanya sudah membesar maka akan terabab ada benjolan. Jika dokter menemukan kista, maka selanjutanya akan dilakukan USG untuk memastikan apakah ada tanda tanda kanker atau tidak. Kemudian dibutuhkan pemeriksaan lanjutan dengan mengambil jaringan biopsy untuk memastikan kista tersebut jinak atau ganas. Ini bisa dilakukan dengan laparskopi, melalui lubang kecil di perut. Pemeriksaan lainnya kita CT Scan dan tumor marker dengan pemeriksaan darah.

Bila kanker ovarium telah memasuki stadium lanjut baru di lakukan kemoterapi atau radiasi. Ada tidaknya perut membuncit? Ada tidaknya gangguan nafsu makan? Ada tidaknya sesak nafas? Ada tidaknya benjolan dan ukuran benjolan. Nursing Care Plan Diagnosa yang muncul 1. Gangguan Gangguan harga harga diri berhubungan berhubungan dengan dengan masalah masalah tentang tentang ketidakny ketidaknyamanan amanan aslep anak, perubahan feminimitas dan efek hubungan seksual.

  C18PH ZENER PDF

ASKEP KISTA OVARIUM PDF DOWNLOAD

Ekspresi wajah rileks Klien dapat menggambarkan keadaan nyeri minimal atau tidak ada. Klien mampu melakukan teknik relaksasi dan distraksi saat nyeri timbul. Tanda-tanda vital dalam batas normal. Identifik Identifikasi asi karakter karakteristi istik k nyeri nyeri dan tindakan tindakan penghilang penghilang nyeri kistx R: Berikan Berikan tindakan tindakan kenyamanan kenyamanan dasar dasar reposi reposisi, si, gosok gosok punggungpunggunghiburan hiburan dan dan lingkungan.

Ajar Ajarka kan n tekni teknik k rela relaks ksas asii R: Berika Berikan n analg analgesi esicc sesu sesuai ai rese kisat. Perdarahan post partum dibedakan menjadi dua: TD, nadi, suara nafas, suara jantung murmurwarna kulit, tingkat kesadaran, kapiler refill, urin output, iista leher, membran mukosa, kecemasan disorientasi, kelelahan.

Seksio sesaria adalah suatu persalinan buatan, dimana janin dilahirkan melalui suatu insisi pada dinding perut dan dinding rahim dengan syarat rahim dalam keadaan utuh serta bera janin diatas gram. Seksio sesaria adalah suatu tidakan untuk melahirkan bayi dengan berat badan diatas grammelalui sayatan pada dinding uterus yang masih utuh.

Seksio sesarea klasik korporal Dengan sayatan memanjang pada korpus uteri kira — kira sepanjang 10 cm. Seksio sesarea ismika profunda Dengan sayatan melintang konkaf pada segmen bawah rahim kira-kira 10 cm.

Infeksipuerperal Komplikasi ini bisa bersifat ringan, seperti kenaikan suhu selama beberapa hari dalam masa nifas, bersifat berat seperti peritonitis, sepsis dsb. Perdarahan Perdarahan banyak bisa timbul pada waktu pembedahan jika cabang-cabang arteri ikut terbuka, atau karena atonia uteri.

Komplikasi Komplikasi-kompl -komplikasi ikasi lain seperti seperti luka kandung kencing, embolisme embolisme paru-paru, paru-paru, dan sebagainya sangat jarang terjadi.

Askep Kista Ovari

Suatu komplikasi yang baru kemudian tampak, ialah kurang kuatnya parut pada dinding uterus, uterus, sehingga sehingga pada kehamilan berikutnya berikutnya bisa terjadi ruptura uteri. Perawatan Pre Operasi Seksio Sesarea a.

Perawatan Post Operasi Seksio Sesarea. Analgesia Wanita dengan ukuran tubuh rata-rata dapat disuntik 75 mg Meperidin intra muskuler setiap 3 jam sekali, bila diperlukan untuk mengatasi rasa sakit atau dapat disuntikan dengan cara serupa 10 mg morfin. Ambulasi Pada hari pertama setelah pembedahan, pasien dengan bantuan perawatan dapat akep dari tempat tidur sebentar, sekurang-kurang 2 kali pada hari kedua pasien dapat berjalan dengan pertolongan.

Paling lambat hari ke tiga post partum, pasien dapat mandi kistta membahayakan luka insisi. Laboratorium Secara Secara rutin rutin hematokrit hematokrit diukur kissta pagi setelah setelah operasi operasi hematokrit hematokrit tersebut harus segera di cek kembali bila terdapat kehilangan darah yang tidak biasa atau keadaan lain yang menunjukkan hipovolemia. Identitas Pasien Meliputi nama, umur, pendidikan, suku bangsa, pekerjaan, agam, alamat, status perkawinan, ruang rawat, nomor medical record, diagnosa medik, yang mengirim, cara masuk, alasan masuk, keadaan umum tanda vital.