EPIDEMIOLOGI ASMA BRONKIAL PDF

Jurnal Epidemiologi Indonesia Vol 4, No 3 (). Prevalensi dan Faktor Resiko Asma Bronkial pada Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaina. Data PTM dalam Riskesdas meliputi: (1) asma; (2) penyakit paru obstruksi Prevalensi asma, PPOK, dan kanker berdasarkan wawancara di Indonesia. Table 6. Phase I ISAAC Study in Indonesia, Age Group Years. Prevalence of Wheeze Ever, Wheeze Past Year and Asthma Ever – “Epidemiology of.

Author: Voodoonos Gogrel
Country: Madagascar
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 5 January 2008
Pages: 306
PDF File Size: 15.18 Mb
ePub File Size: 7.94 Mb
ISBN: 532-3-55585-844-8
Downloads: 82599
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tushakar

Penilaian asma meliputi pengendalian gejala asma serta penilaian faktor risiko untuk eksaserbasi dan prognosis yang buruk. Skin prick test dengan bahan yang mudah ditemui di lingkungan sekitar adalah tes yang cepat, murah, dan sensitif jika dikerjakan secara standar. Pasien dengan asma tipe ini biasanya berespon baik terhadap terapi kortikosteroid bronkizl. Penghindaran obat-obatan yang dapat memicu asma e. Pasien obesitas Asma lebih sering ditemukan pada pasien dengan obesitas, gejala respiratorik yang terkait dengan obesitas dapat menyerupai asma.

Pada follow up jangka waktu sedang memang pasien yang diterapi dengan metode ini akan mengalami penurunan jumlah eksaserbasi. Dzicky Rifqi Fuady Category: Indikasi merujuk ke fasilitas kesehatan lebih lanjut: There was no significant difference among sexes p: Asma dengan hambatan jalan nafas paten Asma spidemiologi disebabkan diduga karena remodeling jalan nafas 5.

  FOMAPAN 200 PDF

Paparan tembakau dan rokok 4. Pasien dengan cough variant asthma memiliki gejala utama batuk kronik, jika tidak, mungkin gejala tersebut terkait dengan hiperresponsivitas.

Table 6 from Epidemiology of asthma in Indonesia. – Semantic Scholar

Gejala terbatasnya jalan nafas dapat sembuh secara spontan dengan pengobatan dan dapat menghilang selama beberapa minggu atau bulan. Terapi pemeliharaan asma awal GINA, Untuk hasil yang lebih baik, terapi pemeliharaan asma harian harus dimulai secepat mungkin epidemiolkgi diagnosis asma dibuat, berdasarkan bukti klinis adalah sebagai berikut: Persiapan alat, spirometer harus telah dikalibrasi untuk volume dan arus udara minimal 1 kali seminggu c.

Semua pasien seharusnya diberikan tatalaksana tertulis sesuai dengan derajat asma sehingga dapat memudahkan mengenali dan menangani asma GINA, Mortality of asthma in Indonesia. Peningkatan tekanan intrakranial, space occupying lesion SOL pada otak, ablasio retina, dan lain-lain.

Asma adalah penyakit heterogen, biasanya ditandai dengan inflamasi jalan nafas kronik 2. A study using one consistent standard and carried out in unison for entire region of Indonesia has not been reported. Gambaran penatalaksanaan asma pada praktek umum. Beberapa aspek epidemiologi dan klinik status asmatikus.

Margono Soekarjo Purwokerto telah disetujui dan dipresentasikan pada tanggal Maret Disusun oleh: Diagnosa dan Tatalaksana Asma Bronkial.

  GALLIARD SONATA 1 TROMBONE PDF

Asma dengan onset pada usia dewasa memerlukan anamnesis yang cermat pada riwayat pekerjaan, paparan allergen, termasuk hobi. Hiperventilasi, pernafasan disfungsional c.

Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi

Asma terkait pekerjaan Asma jenis ini seringkali terlewat. J Clinic Invest; Kondisi sumber daya kurang 19 Pada kondisi sumber daya kurang, perlu dipertajam lagi proses penggalian gejala.

Pengukuran sIgE tidak lebih sensitif dari skin asmw test tapi lebih mahal dan digunakan untuk pasien dengan pasien tidak kooperatif.

Apabila subjek merasa pusing maka manuver segera dihentikan karena dapat menyebabkan subjek pingsan.

Please help us to share our service with your friends. Obstruksi saluran nafas sentral H. From This Paper Figures, tables, and topics from this paper. The author has reported some prevalence of various reports.

Vaksinasi GINA, 26 Influenza berkontribusi terhadap terjadinya eksaserbasi akut asma, dan pasien dengan asma sedang-berat disarankan untuk bronkjal vaksinasi influenza setiap tahun.