EVOLUSI PRIMATA PDF

In book: Hewan Model Satwa Primata, Edition: I, Chapter: III, Publisher: IPB Press , Editors: Dondin Sajuthi, Dewi Apri Astuti, pp Export this citation. perkembangan, evolusi dan sistematika serta genetika satwa primata, (4) penangkaran, penanganan, metodologi eksperimen serta manajemen koloni dan. TUJUAN.: 1. Mengkaji bukti evolusi yang terdapat pada situs Sangiran 2. Mempelajari evolusi primata. KELOMPOK: 1. Dian Dwi Hapsari () 2.

Author: Daigore Maugar
Country: Reunion
Language: English (Spanish)
Genre: Technology
Published (Last): 14 July 2008
Pages: 451
PDF File Size: 13.37 Mb
ePub File Size: 2.93 Mb
ISBN: 378-4-25533-190-5
Downloads: 84406
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Nagis

Ekor prehensil adalah ekor hewan yang telah beradaptasi untuk dapat menangkap atau memegang benda.

Jika ekor tidak dapat digunakan seperti ini, ekor ini dianggap hanya prehensil sebagian. Semisal ekor yang hanya digunakan untuk jangkar tubuh hewan untuk menggantung dari sebuah cabang, atau sebagai bantuan untuk mendaki.

Monyet Purba Berevolusi Jadi Mirip Kungkang Setelah Tiba di Jamaika

Istilah prehensil berarti “dapat memegang” dari bahasa Latin prehenderememegang, menangkap. Salah satu hal yang menarik adalah distribusi hewan dengan ekor prehensil.

  BRICKMANIA INSTRUCTIONS PDF

Hewan berekor prehensil didominasi oleh hewan Dunia Baruterutama di antara mamalia. Lebih banyak hewan di Amerika Selatan memiliki ekor prehensil daripada di Afrika maupun Asia Tenggara.

Telah diperdebatkan bahwa hewan dengan ekor prehensil lebih sering ditemukan di Amerika Selatan karena hutan di sana lebih padat daripada di Afrika atau Asia Tenggara.

Hanya sedikit vertebrata peluncur yang ditemukan di Amerika Selatan. Hutan hujan di Amerika Selatan juga berbeda rpimata memiliki lebih banyak lianakarena hanya sedikit hewan besar untuk memakan liana daripada di Afrika dan Asia.

Kehadiran liana dapat membantu hewan pemanjat tetapi menghalangi hewan peluncur. Hal itu karena semua mamalia peluncur dari Australia memiliki ekor prehensil dengan batas tertentu. Ekor adalah fitur yang ada pada hampir semua vertebrata.

ribu orang utan punah di Kalimantan akibat penebangan hutan dan perburuan

Namun, beberapa invertebrata seperti kalajengking juga memiliki pelengkap yang dapat dianggap sebagai ekor. Namun, hanya vertebratayang diketahui evolui ekor prehensil. Banyak mamalia dengan ekor prehensil akan punya ujung yang gundul untuk membantu mencekam. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Primate Adaptation and Evolution edisi ke-2nd. Diarsipkan dari versi asli tanggal The Animal Answer Guide.

  CCNP BSCI EXAM CERTIFICATION GUIDE CCNP SELF-STUDY PDF

Perlombaan senjata evolusioner

Diperoleh dari ” https: Ruang nama Halaman Pembicaraan. Tampilan Baca Sunting Sunting sumber Versi terdahulu. Komunitas Warung Kopi Portal komunitas Bantuan.

Dalam proyek lain Wikimedia Commons. Halaman ini terakhir diubah pada 27 Novemberpukul Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.