KELARUTAN TIMBAL BALIK PDF

Timbal(II) nitrat adalah suatu senyawa anorganik dengan rumus kimia Pb(NO3)2 . asam nitrat pekat (sedangkan timbal(II) nitrat memiliki kelarutan yang sangat. Kelarutan, Dapat larut dalam asam dan alkali encer; tidak dapat larut dalam Timbal(II) hidroksida adalah senyawa anorganik dengan rumus kimia Pb(OH)2. Hasil kali kelarutan, Ksp, ×10−8 (20 °C) Timbal(II) sulfat dibuat dengan mengolah oksida, hidroksida atau karbonat timbal dengan asam sulfat hangat.

Author: Tektilar Kenos
Country: South Africa
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 12 December 2007
Pages: 378
PDF File Size: 16.79 Mb
ePub File Size: 16.50 Mb
ISBN: 614-2-78300-350-2
Downloads: 48486
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Samuzuru

Senyawa ini umumnya dijumpai sebagai kristal tak berwarna atau serbuk putih dan, tidak seperti kebanyakan garam timbal II lainnya, baalik dalam air. Senyawa ini telah dikenal sejak Abad Pertengahan dengan nama plumb dulcisproduksi timbal II nitrat baik dari logam timbal maupun timbal oksida dalam asam nitrat merupakan produksi skala kecil, untuk digunakan langsung dalam pembuatan senyawa timbal lainnya. Menurut catatan sejarah, penggunaan utamanya adalah sebagai bahan baku produksi pigmen untuk cat timbaltetapi cat sejenis ini sudah digantikan oleh cat yang lebih aman berbahan dasar titanium dioksida.

Penggunaan industri lainnya mencakup penstabil panas dalam nilon dan poliesterdan timval pelapis kertas fototermografi.

Timbal(II) klorida

Sejak tahun an, timbal II nitrat mulai digunakan dalan sianidasi emas. Timbal II nitrat bersifat toksiksuatu oksidatordan digolongkan sebagai berpotensi karsinogenik pada manusia oleh Badan Internasional Penelitian Kanker International Agency for Research on Cancer. Akibatnya, timbal II nitrat harus ditangani dan disimpan dengan tindakan pencegahan keselamatan yang memadai baoik mencegah terhirup, tertelan, dan terkena kulit.

Oleh karena sifat alaminya yang berbahaya, aplikasi terbatas timbal II nitrat berada di bawah pengawasan ketat. Sejak Abad Pertengahantimbal II nitrat telah diproduksi sebagai bahan baku produksi pigmen berwarna dalam cat timbalseperti krom kuning timbal II kromatkrom jingga timbal II hidroksida kromat dan senyawa timbal sejenis.

Pigmen-pigmen ini digunakan untuk pewarnaan dan pencetakan kaliko dan tekstil lainnya.

Pada tahunalkimiawan Jerman Andreas Libavius adalah yang pertama menjelaskan senyawa ini, dengan merujuk pada nama abad pertengahan plumb dulcis dan calx timal dulcisyang berarti timbal maniskarena rasanya. Proses produksi pernah dan masih mengikuti cara kimia sederhana, melarutkan timbal dalam aqua fortis asam nitratdan secara berkala diambil endapannya.

Namun, produksi tetap skala kecil selama berabad-abad, dan produksi komersial timbal II nitrat sebagai bahan baku untuk pembuatan senyawa timbal lainnya tidak dilaporkan sampai Struktur kristal timbal II nitrat padat telah ditentukan menggunakan difraksi neutron. Pada konfigurasi ini, setiap atom timbal [[Ikatan kimia terikat dengan duabelas atom oksigen panjang ikatan: Ketertarikan peneliti pada struktur kristal timbal II nitrat terutama didasarkan pada kemungkinan rotasi internal bebas gugus nitrat dalam kisi kristal pada kenaikan temperatur, tetapi ini hingga saat ini belum terbukti.

  HOMBRO CONGELADO O CAPSULITIS ADHESIVA PDF

Timbal II nitrat dapat diperoleh dengan melarutkan logam timbal dalam larutan asam nitrat: Cara yang lebih lazim adalah dengan melarutkan timbal II oksida dalam asam nitrat: Dalam kasus lain, karena pelarutnya adalah asam nitrat pekat sedangkan timbal II nitrat memiliki kelarutan yang sangat rendah dan larutan yang dihasilkan mengandung ion nitratkristal timbal II nitrat anhidrat terbentuk secara spontan sebagai hasil dari efek ion sejenis: Memungkinkan juga untuk mengekstrak nitrat dari bahan organik seperti pupuk atau urin.

Ekstraksi nitrat menggunakan metode ini tidak sekuat nitrat berderajat kemurnian industri, tetapi dapat digunakan untuk produksi serbuk mesiu. Hampir semua timbal II nitrat yang tersedia secara komersial diproduksi sesuai dengan bahan skala laboratorium.

Hal ini dilakukan baik oleh produsen umum bahan kimia laboratorium maupun produsen timbal dan senyawa timbal. Tidak ada produksi skala besar yang telah dilaporkan. Dalam perlakuan limbah timbal menggunakan asam nitrat, misalnya, dalam pengolahan limbah timbal- bismut dari pengilangan timbal, larutan tak murni timbal II nitrat dibuat sebagai produk sampingan.

Larutan ini dilaporkan untuk digunakan dalam proses sianidasi emas. Selain timbal II asetattimbal II nitrat adalah satu-satunya senyawa timbal umum yang dapat larut. Timbal II nitrat mudah larut dalam air menghasilkan larutan jernih tak berwarna.

Ketika larutan natrium hidroksida pekat ditambahkan ke dalam larutan timbal II nitrat, terbentuk basa nitratmeskipun sedikit melampaui titik ekivalen.

Tidak ada pembentukan Pb OH 2 sederhana pada pH sekitar Timbal II nitrat terkait dengan kimia supramolekul yang menakjubkan karena koordinasinya dengan senyawa pendonor elektron nitrogen dan oksigen.

Daya tariknya lebih pada aspek akademis, tetapi dengan beberapa aplikasi potensial. Misalnya, penggabungan timbal nitrat dan pentaetilena glikol EO 5 dalam larutan asetonitril dan metanol diikuti dengan penguapan lambat menghasilkan bahan kristal baru [Pb NO 3 2 EO 5 ].

Dua ligan nitrat bidentat berada dalam bentuk konfigurasi trans.

Timbal(II) sulfat

Bilangan koordinasi total adalah 10, dengan ion timbal dalam struktur geometri molekul antiprisma persegi. Senyawa kompleks yang dibentuk oleh timbal II nitrat, timbal II perklorat dan ligan donor N bidentat bitiazola adalah kompleks inti ganda, dengan gugus nitrat menjembatani atom timbal dengan bilangan koordinasi 5 dan 6. Hal ini berpotensi karena pasangan elektron sunyi pada timbal, juga ditemukan dalam kompleks bali, dengan ligan imidazola.

Jenis kimia ini tidak unik hanya untuk garam nitrat; senyawa timbal II lainnya seperti timbal II bromida juga membentuk kompleks, tetapi senyawa nitratnya kelarutzn digunakan karena kelarutannya dan sifat bidentatnya.

Timbal II nitrat adalah oksidator. Ketika dipanaskan, kristal timbal II nitrat terdekomposisi menjadi timbal II oksidaoksigen dan nitrogen dioksida. Oleh karena kelaruyan ini, timbal nitrat sering digunakan dalam piroteknik seperti kembang api. Karena sifat timbal II nitrat yang berbahaya, tijbal preferensi untuk menggunakan alternatif dalam aplikasi industri.

  JAYA AN ILLUSTRATED RETELLING OF THE MAHABHARATA FREE PDF

Sebelumnya, aplikasi utama adalah cat timbalsekarang sebagian besar telah digantikan dengan titanium dioksida. Aplikasi timbal II nitrat saat ini mencakup penggunaan sebagai stabilisator panas dalam nilon dan timgal, sebagai pelapis untuk kertas fototermografidan rodentisida. Pada skala laboratorium, timbal II nitrat merupakan salah satu dari dua sumber dinitrogen tetroksida yang mudah dan dapat diandalkan.

Mengeringkan timbal II nitrat dengan hati-hati dan kemudian memanaskannya dalam sebuah bejana baja, dihasilna nitrogen dioksidayang mengalami dimerisasi menjadi senyawa yang diinginkan. Untuk memperbaiki proses pelindian bahasa Inggris: Dalam kimia organik, timbal II nitrat telah digunakan sebagai oksidan, misalnya sebagai suatu alternatif dari reaksi Sommelet untuk oksidasi benzil halida menjadi aldehida.

Timbal II nitrat bersifat toksik, dan jika tertelan dapat menyebabkan keracunan timbal akut. Ini berlaku terutama untuk seluruh senyawa timbal yang dapat larut. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Lead nitrate Plumbous nitrate Lead dinitrate Plumb dulcis. LD Lo terendah tercatat. Artikel kflarutan untuk bagian ini adalah: Kelartan of Inorganic Chemical Compounds.

Immediately Dangerous to Life and Health. A Text-book of Inorganic Chemistry. Progress of America to year Chemistry of the Elements edisi ke-2nd. Kirk-Othmer Encyclopedia of Chemical Technology.

Journal of Tibmal and Engineering Date. Journal of the American Chemical Society. General Chemistry edisi ke-2nd. Upper Saddle River, New Jersey: Diarsipkan dari versi asli tanggal October 21, Recent advances in gold metallurgy. Gold Prospecting and Gold Mining. International Agency for Research on Cancer. Int Arch Occup Environ Health.

Garam dan kovalen derivat ion Nitrat. Diperoleh dari ” https: Ruang nama Halaman Pembicaraan. Tampilan Baca Sunting Sunting sumber Versi terdahulu. Komunitas Warung Kopi Portal komunitas Bantuan. Dalam proyek lain Wikimedia Commons.

Rendy Tjioe | Institut Teknologi Bandung –

Halaman ini terakhir diubah pada 2 Desemberpukul Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. Nama lain Lead nitrate Plumbous nitrate Lead dinitrate Plumb dulcis. Kelarutan dalam asam nitrat dalam etanol dalam metanol.

S53S45S60S Dosis atau konsentrasi letal LDLC:. Wikimedia Commons memiliki media mengenai Timbal II nitrat.