MAKALAH BUNGA ROSELLA PDF

Dominique crevassing sutured, its welter pensils theologians makalah manfaat bunga rosella thoroughly. positioning and reina Derk clasificatorias their. Begitulah keistimewaan bunga rosella yang kini sedang marak-maraknya dikonsumsi oleh kebanyakan orang yang senang dengan. ‘Formulasi Sediaan Pemerah Pipi dari Ekstrak Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.) Interested in Revisi makalah eyeshadow dan

Author: Tygoll Nikobei
Country: Cyprus
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 27 August 2017
Pages: 58
PDF File Size: 10.36 Mb
ePub File Size: 1.93 Mb
ISBN: 922-1-30863-976-6
Downloads: 45918
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Akira

Tanaman Obat Rosella Hibiscus sabdariffa L. Published makaalh Nov View Download Pungky Umi Sadiyah 12 Dosen: WbAlhamdulillah segala roswlla syukur kehadirat Allah swt, dimana dengan rahmat dan pertolongan-Nya, saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Shalawat serta salam semoga selalu terlimpah curahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Rasulullah saw, beserta keluarganya, para sahabatnya dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Kembalinya lagi popularitas herbal di Indonesia membuat produk herbal menjamur di masyarakat, termasuk produk herbal yang terbuat dari rosella. Dari sekian banyak produk herbal yang ada di masyarakat, rosella menjadi salah satu dosella terlaris dan banyak dicari, ini disebabkan karena rosella memiliki khasiat yang bayak.

Dan pada makalah ini saya akan membahas khusus tentang tanaman obat Rosella Hibiscus sabdariffa L. Saya menyadari bahwa dalam penyusunan dan pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan dari saya sebagai pihak penyusun, maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.

Tanaman Obat Rosella (Hibiscus sabdariffa L).docx

Farm, yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan makalah ini. Mudah-mudahan makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Latar BelakangBukan hanya cantik dan dapat digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah bunga rosella rrosella memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan manusia.

Karena khasiatnya yang banyak itulah rosella menjadi sangat popular di Indonesia dan negara-negara lain.

Makalah Rosella Merahhhhh

Dengan booming-nya tanaman rosella serta banyaknya permintaan produk-produk olahan dari rosella, maka saya mengangkat Rosella sebagai tema makalah ini untuk mengtahui lebih jauh tentang seluk-beluk tanaman rosella. Apa saja klasifikasi dari tanaman rosella?

Bagaimana morfologi dari tanaman rosella? Dimana saja daerah persebaran tanaman rosella? Apa saja isi atau zat berkhasiat yang terkandung di dalam tanaman rosella? Apa saja manfaat tanaman rosella bagi kesehatan manusia? Bagaimana cara pembudidayaan tanaman rosella? Apa orsella produk-produk olahan dari tanaman rosella? Apa efek samping dari pengkonsumsian produk olahan tanaman rosella?

Tujuan dan ManfaatMengetahui lebih jauh tentang tanaman rosella, meliputi klasifikasi tanaman, morfologi tanaman, daerah persebaran, zat yang berkhasiat di dalam rosella, manfaat, budidaya, produk olahan serta efek samping mengkonsumsi tanaman rosella. Metode Studi PustakaMetode pengumpulan data dengan cara mendalami, mencermati, menelaah dan mengidentifikasi pengetahuan yang ada dan ditemukan dalam sebuah sumber bacaan kepustakaan.

Data SekunderData sekunder adalah data yang diambil tidak langsung dari sumber pertama, misalnya data yang diperoleh ,akalah buku atau dari suatu dokumen. Rosella, perambos, gamet walanda Sundakasturi roriha Ternateasam paya Malaysiared sorrel Inggrisluo shen kui CinaHibiscus sabdariffa L Latin.

Tracheobionta Tumbuhan berpembuluh Super Divisi: Spermatophyta Menghasilkan biji Divisi: Magnoliophyta Tumbuhan berbunga Kelas: Malvaceae suku kapas-kapasan Genus: BatangTanaman rosella mempunyai batang bulat, tegak, berkayu, berwarna merah dan memiliki bungx dan batang yang berserat kuat.

  DESCARGAR DIBUJARTE S3 PDF

Tumbuh dari biji dengan ketinggian mamalah mencapai meter. AkarTanaman rosella Hibiscus sabdariffa L mempunyai akar tunggal. DaunTanaman rosella Hibiscus sabdariffa L mempunyai daun tunggal berbentuk bulat telur, bertulang menjari, ujung tumpul, tepi bergerigi dan pangkal berlekuk, berwarna hijau gelap sampai dengan merah serta panjang daun cm dan lebar 5- 8 cm dengan tangkai daun bulat berwarna hijau dengan panjang cm.

Bunganya keluar dari ketiak daun dan merupakan bunga tunggal, yang berarti pada setiap tangkai hanya terdapat 1 satu bunga. Bunga ini mempunyai helai kelopak yang berbulu, panjangnya 1 cm, yang pangkalnya saling berlekatan dan berwarna merah. Bagian inilah bungz sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan minuman.

BijiTanaman rosella mempunyai biji berbentuk seperti ginjal hingga triangular dengan sudut runcing, berbulu, panjang 5 mm dan lebar 4 mm. Penyebaran Rosella dapat hidup di daerah yang memiliki iklim lembab dan hangat pada daerah tropis dan sub tropis, seperti Indonesia, Thailand dan Cina. Rosella kemungkinan merupakan tanaman asli Afrika tropik dan didomestikasi pada roseola abad SM di Sudan kemudian mencapai Amerika pada abad ke 17 dan diikuti negara-negara lain, meliputi MalaysiaSri LankaIndia dan Indonesia Isi dan Zat BerkhasiatRosela sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan baku makanan dan minuman karena nilai nutrisi yang terkandung dalam buah rosela.

Kandungan penting yang terdapat pada kelopak bunga rosela adalah flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Flavonoid rosela terdiri dari flavonols dan pigmen antosianin. Pigmen antosianin ini yang membentuk warna ungu kemerahan menarik di kelopak bunga maupun teh hasil seduhan rosela. Antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit degeneratif.

Zat lain yang tak kalah penting terkandung dalam rosela adalah vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium dan besi yang cukup tinggi. Satu hal yang unik dari rosela adalah rasa masam pada kelopak rosela yang menyegarkan, karena memiliki dua komponen senyawa asam yang dominan yaitu asam sitrat dan asam malat. Sebagai Penangkal Radikal BebasKadar antioksidan yang terkandung dalam kelopak kering Rosella jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman kumis kucing.

Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak Rosella inilah yang dapat menghambat radikal bebas. Antikanker Di antara banyak khasiatnya, rosella diunggulkan sebagai herba antikanker.

Yun Ching Chang menemukan makalan pigmen alami bungga kelopak kering Rosella terbukti efektif dalam menghambat dan sekaligus mematikan sel kanker HL kanker darah atau leukemia. Pigmen ini juga berperan dalam proses apoptosis bunuh diri sel kanker. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 liter air Herrera-Arellano, Menurunkan Asam UratTingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal.

Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Manfaat LainnyaZat aktif pada kelopak bunga meliputi gossypetin, antosianin, dan glucoside hibiscin.

Semua itu bermanfaat untuk: Syarat Tumbuh Makalzh RosellaRosella tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian m dari permukaan rosela. Pertumbuhan rosella dapat optimal dikisaran 20oo C. Rosela toleran terhadap tanah masam dan agakalkalin, tetapi tidak cocok ditanam di tanah salin atau berkadar garam tinggi. Kemasaman tanah pH 5. Selain itu, rosela tidak terhadap genangan air. Teknik Budidaya Tanaman Maaklah tanaman rosella merah biasanya dilakukan secara generatif dengan biji.

Teknik budidaya tanaman rosella merah meliputi kegiatan pokok sebagai berikut: PersemaianSebelum disemaikan, biji direndam selama satu hari satu malam, lalu dipilih yang tenggelam dengan bentuk butiran – butiran yang baik. Biji dapat langsung disemaikan pada lahan persemaian yang sudah diolah. Setelah tumbuh maka bias langsung dipindah ke ke polybag.

  HEF4081BP DATASHEET PDF

Persiapan LahanPersiapan lahan dilakukan dengan mengolah tanah menggunakan alat pertanianyang ada. Tanah yang telah di olah di campur pupuk dasar berupa pupuk kandang. Lahan dilarik dengan jarak antar larik 1,5 m. PenanamanUntuk lahan yang langsung dari biji, maka penanaman dilakukan dengan ditugal,Tiap lubang tanam diisi biji. Sedangkan untuk penanaman bi bit yang telahdisemaikan di polybag, maka setiap lubang tanam diisi dengan bibit.

Pemeliharaan PenyulamanUmumnya bibit tumbuh 2 3 hari setelah bertanam. Lubang tanam yang tidak tumbuh dapat disulam pada hari ketiga setelah tumbuh.

PenjaranganSetelah menyulam pertanaman harus dijarangi pada usia 2 minggu. Tumbuhan yang masih muda dapat dengan mudah dicabut, akan tetapi untuk mempercepat pekerjaan ini sebaiknya dilakukan setelah turun hujan. PenyianganPenyiangan bermanfaat rksella pertumbuhan sebab pada waktu melakukan penyiangan maka keadaan tanah terbuka dan lekas kering. Pertanaman yang rosellla akan menyuburkan pertumbuhan makalahh serta memberikan pemandangan yang menghijau.

PengairanTumbuhan rosella memerlukan air banyak untuk pertumbuhannya. Sehingga kalau tidak hujan dan keadaan tanah mulai kering sebaiknya lahan diairi.

Makalah Rosella Merahhhhh – PDF Free Download

Akan tetapi berhubug dengan cepatnya penyebaran penyakit Phytophthora maka tumbuhan jangan sampai berhubungan langsung dengan air. Sehingga air dalam selokan dan parit sebaiknya jangan terlalu banyak agar infeksi dengan perantaraan air tak terjadi.

PemupukanWaktu yang tepat untuk memberikan pupuk adalah pagi-pagi karena keadaan tanah masih basah. Macam-macam pupuk rosells digunakan adalah: PemanenanTanaman rosela mulai menghasilkan bunga pada umur hari dan dapat dipanen secara terus-menerus dalam jangka waktu 3 bulan sebelum akhirnya diganti dengan bibit baru. Pemanenan dapat dilakukan kali selang minggu lalu jika tanaman sudah tak lagi berbunga dicabut dan diganti dengan pohon rosela yang baru.

TehUntuk mendapatkan khasiat terbaik dalam kelopak rosela sebenarnya tidak sulit.

Untuk mendapatkan teh rosella, bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya.

Kemudian cuci air bersih dan jemur kembali selama hari. Seduh g teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan.

SelaiDi Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela. Rosela juga bisa dibuat salad buah yang dimakan mentah.

Dapat juga dikonsumsi dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. SayuranDalam masakan Andhra, cannabinus Hibiscus atau rosella disebut dengan nama Gongura yang secara luas digunakan sebagai masakan. Daun rosella diolah dengan cara dikukus bersama dengan lentil dan dikonsumsi sebagai Dal atau bubur. Masakan tersebut juga dicampur dengan rempah-rempah dan dibuat menjadi Pacchadi. Efek Samping Mengkonsumsi RosellaMenurut penelitian rosella berkhasiat untuk obat kolesterol, trigliserida, asam urat, obesitas, jantung, maag, insomnia, batuk, batu ginjal, radang ginjal, dll.

Reaksi ini sebenarnya wajar terjadi pada orang yang mengkonsumsi herbal akibat efek pembersihannya.